Pengaruh demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SD N 200311 Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua

Main Author: Herlindayani, Nurasmi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5130/1/09%20330%200050.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5130/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa kelas V di SD N 200311 Pudun Jae yang jauh dari yang diharapkan. Salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya hasil belajar ini karena kurang tepatnya guru dalam menerapkan metode yang sesuai dengan materi dan karakteristik anak usia SD. Sehingga siswa kurang tertarik dengan pelajaran yang dijelaskan oleh guru dan berakibat pada hasil belajar mereka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SD N Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V yang terdiri atas 2 kelas yaitu kelas VA dan VB yang berjumlah 56 orang. Adapun sampel pada penelitian ini yaitu seluruh kelas V, kelas VA sebagai kelas eksperimen dan kelas VB sebagai kelas kontrol. Tekhnik pengambilan sampel yang digunakan yaitu cluster sampling. Sehingga penelitian ini merupakan penelitian populasi. Dalam melaksanakan pembelajaran dengan menerapkan demonstrasi benda konkret di kelas VA, motivasi dan rasa ingin tahu siswa semakin meningkat dan suasana kelas menjadi lebih bergairah sehingga hasil belajar siswa meningkat dari sebelumnya. Dari uraian diatas dan hasil perhitungan yang telah dilakukan maka, hasil belajar siswa dengan menggunakan demonstrasi benda konkret lebih tinggi daripada tidak menggunakan demonstrasi benda konkret yaitu thitung = 3,643 > ttabel = 2,006. Dengan demikian hipotesis dalam penelitian ini diterima (Ha diterima) yaitu Ada pengaruh demonstrasi benda konkret terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sifat-sifat bangun datar siswa kelas V SD N 200311 Pudun Jae Kecamatan Padangsidimpuan Batunadua. Dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan demonstrasi benda konkret pokok bahasan sifat-sifat bangun datar lebih baik daripada tidak menggunakan demonstrasi benda konkret.