Pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Caniago, Efrida Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5128/1/09%20330%200039.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5128/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini yaitu berdasarkan atas tidak terjalinnya interaksi sosial siswa pada saat proses pembelajaran berlangsung, siswa tidak tertarik untuk belajar, kemampuan kognitif siswa semakin rendah karena mereka bosan, pembelajaran hanya berpusat pada guru saja tanpa melibatkan siswa dan guru kurang mampu menciptakan interaksi yang terjadi antara siswa dengan siswa, siswa dengan kelompok dan siswa dengan guru mungkin disebabkan karena guru kurang mampu menyesuaikan metode dengan materi pelajaran yang mengakibatkan Kemampuan Kognitif siswa MTsN 2 Padangsidimpuan tidak berjalan. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh interaksi sosial terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif dan pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII yang terdiri atas 4 kelas yaitu kelas VIII1, VIII2, VIII3, dan VIII4 yang berjumlah 132 orang. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas VIII1 yang berjumlah 30 orang yang teknik penarikan sampelnya dengan cara “Purposive Sample”. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket dan tes. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mengetahui adanya pengaruh antara interaksi sosial dan kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan digunakan analisis kuantitatif dengan menggunakan uji statistik dengan alat uji korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan uji-t, selanjutnya untuk mengetahui seberapa besarkah sumbangan variabel X terhadap variabel Y dengan menggunakan koefisien determinasi. Dari penelitian yang dilaksanakan diperoleh bahwa rhitung sebesar 0,825 kemudian thitung sebesar 7,72 dan ttabel sebesar 1,701 ternyata thitung > ttabel, maka hipotesis diterima/ disetujui, konstribusi interaksi sosial terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika siswa sebesar 68 %, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi sosial terhadap kemampuan kognitif pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan dengan kategori “Sangat Kuat”.