Pengaruh strategi pembelajaran aktif Question Students Have terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan
Main Author: | Nasution, Selvia Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5127/1/09%20330%200029.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5127/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah untuk mengatasi kondisi siswa yang kurang aktif, siswa cenderung diam, siswa malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan dan kurang terkontrolnya siswa dalam proses pembelajaran karena sering bercanda. Salah satu altenatif yang dapat dilakukan guru untuk mengaktifkan siswa dalam proses pembelajaran matematika adalah melalui penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Question Students Have. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Padangsidimpuan pada pokok bahasan persamaan linear satu variabel. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII dengan jumlah 349 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas VII-A dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII-B dengan jumlah 35 orang siswa sebagai kelas kontrol. Instrument pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes yaitu pre tes (sebelum diberi perlakuan) dan post tes (setelah diberi perlakuan). Analisis yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan ݐ௧௨ = 8,269 > ݐ௧ = 1,997 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Dengan kata lain hasil belajar siswa yang diajar melalui strategi pembelajaran aktif Question Students Have lebih baik daripada hasil siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa (tanpa strategi pembelajaran aktif Question Students Have). Sehingga dapat disimpulkan bahwa “ Ada pengaruh Strategi Pembelajaran Aktif Question Students Have terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa pada Pokok Bahasan Persamaan Linear Satu Variabel Kelas VII SMP Negeri 4 Padangsidimpuan”.