Perbedaan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Snowball Throwing pada pokok bahasan geometri dan pengukuran di kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan

Main Author: Lubis, Riski Mulia Abdi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5125/1/09%20330%200028.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5125/
Daftar Isi:
  • Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa menyelesaikan soal pemecahan masalah. Hal ini terjadi karena siswa belum mampu menghubungkan antara konsep yang dipelajari dengan bagaimana penggunaan konsep tersebut. Konsep matematika yang satu dengan yang lain berkaitan sehingga untuk mempelajarinya harus runtut dan berkesinambungan. Jika siswa telah memahami konsep-konsep matematika yang sederhana, maka akan memudahkan siswa dalam mempelajari konsep-konsep matematika yang lebih kompleks. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan guru untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa adalah melalui penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Snowball Throwing. Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pemahaman konsep siswa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan model Snowball Throwing pada pokok bahasan geometri dan pengukuran di kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif komparasi dengan metode eksperimen. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas IV dengan jumlah 55 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan sampling total yaitu semua anggota populasi digunakan sebagai sampel yaitu kelas IV-A dengan jumlah 30 orang siswa sebagai kelas eksperimen A dan kelas IV-B dengan jumlah 25 orang siswa sebagai kelas eksperimen B. Instrumen pegumpulan data yang digunakan peneliti adalah tes yaitu pretes (sebelum diberi perlakuan) dan postes (setelah diberi perlakuan). Analisis yang digunakan adalah rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians, dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan uji homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uij-t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 3,041 > ttabel = 1,987 maka H0 ditolak dan sebaliknya Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Ada Perbedaan Pemahaman Konsep Siswa Menggunakan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dan Model Snowball Throwing pada Pokok Bahasan Geometri dan Pengukuran di Kelas IV SDN 200204 Padangsidimpuan”.