Pengaruh penerapan Mind Mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MAN Panyabungan
Main Author: | Hakimah, Hakimah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5124/1/08%20330%200059.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5124/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas X MAN Panyabungan belum maksimal, karena dalam proses pembelajaran guru tidak mampu menarik perhatian siswa, antusias siswa dalam mengikuti pelajaran cukup rendah, sehingga, seringkali siswa mengalami kesulitan menerapkan dan memilih rumus dalam menyelesaikan soal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MAN Panyabungan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan model pretest-postest control group design dengan satu macam perlakuan. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X MAN Panyabungan dengan jumlah 318 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster sampel atau sampel kelompok. Jadi, sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas X1 dengan jumlah 30 siswa (kelas eksperimen) dan kelas X2 dengan jumlah 30 siswa (kelas kontrol). Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah tes yaitu pretest (sebelum diberi perlakuan) dan posttest (setelah diberi perlakuan). Analisis data yang digunakan adalah rumus Chi-Kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji-t diperoleh hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 11,41 > ttabel = 1,67. Jadi H1 diterima yaitu rata-rata hasil belajar pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel dengan menggunakan mind mapping lebih baik dibanding rata-rata hasil belajar yang tidak menggunakan mind mapping. Sehingga disimpulkan, ada pengaruh yang signifikan antara mind mapping terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan sistem persamaan linear tiga variabel siswa kelas X MAN Panyabungan.