Hubungan penguasaan konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan hasil belar matematika pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sihadabuan Lokasi Ujung Gurap

Main Author: Siregar, Sri Fadhilah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5120/1/08%20330%200041.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5120/
Daftar Isi:
  • Konsep matematika tersusun secara hierarki, sehingga dalam belajar matematika tidak boleh ada tahapan yang dilewati. Mengajarkan matematika hendaknya secara sistematis dan teratur, dan harus disajikan dengan struktur yang jelas serta harus disesuaikan dengan perkembangan intelektual siswa dan kemampuan prasyarat yang telah dimilikinya. Misalnya saja keterkaitan antara konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan bilangan pecahan. Bila siswa ingin memahami dan memiliki hasil belajar yang baik terhadap bilangan pecahan maka terlebih dahulu siswa harus mampu memahami konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil(KPK) sebagai prasyarat dari bilangan pecahan. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan penguasaan konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dengan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan di kelak IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sihadabuan Lokasi Ujung gurap. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sihadabuan Lokasi Ujung Gurap tahun ajaran 2012-2013 yang berjumlah 36 populasi. Instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes. Untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara dua atau beberapa variabel, yang bertujuan memberikan gambaran secara jelas, singkat dan teratur mengenai mean, median, modus, distribusi frekuensi dan histogram dari penelitian tersebut. Selanjutnya rumus korelasi product moment, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus uji-t. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan antara penguasaan konsep Kelipatan Persekutuan Terkecil(KPK) dengan hasil belajar matematika pokok bahasan bilangan pecahan di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sihadabuan Lokasi Ujung Gurap tergolong pada kriteria ”sedang” dan ditemukan angka korelasi (rxy)sebesar 0,515 kemudian thitung = 3,502 dan ttabel = 2,033, ternyatathitung> ttabel maka hipotesis diterima/disetujui.