Pengaruh percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori

Main Author: Harahap, Sri Damayanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5118/1/08%20330%200040.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5118/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana “Pengaruh Percaya Diri Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori.” Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 pinangsori, apa solusi yang dilakukan dalam mengatisipasi kendala-kendala percaya diri terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah percaya diri siswa mempunyai pengaruh terhadap hasil belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa-siswi di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori yang terdiri dari tujuh kelas yang berjumlah 250 siswa-siswi. Sampel ini berjumlah 73 siswa-siswi sebahagian dari kelas X. Metologi penelitian adalah kuantitaitif yaitu melukiskan variabel atau kondisi “apa adanya” dalam situasi. Kemudian alat pengumpulan data yang dilakukan adalah angket dan nilai hasil ujian semester. Selanjutnya analisis data dengan menggunakan rumus statistik dengan menggunakan Korelasi Produk Moment dan dilanjutkan persamaan regresi linier sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa percaya diri siswa terhadap hasil belajar matematika di kelas X SMA Negeri 1 Pinangsori berjalan dengan baik, dengan membina pada diri siswa sikap percaya diri atas apa yang dimiliki. Sedangkan kendala-kendala yang dihadapi siswa dalam percaya diri adalah rasa takut yang berlebih yang menimbulkan penilian negatif terhadap kemampuan yang dimilikinya, sifat tertutup dan faktor didikan keluarga juga masyarakat yang dapat membentuk karakter seseorang. Solusi dalam mengantisipasi kendala-kendala yang dihadapi adalah membina rasa percaya diri siswa, aktif ketika berlangsung proses belajar mengajar dan membuka wawasan yang dimiliki siswa agar terciptanya belajar dengan baik.