Peranan guru matematika dalam mengantisipasi kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Sungai Kanan
Main Author: | Tanjung, Rapida |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5117/1/09%20330%200026.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5117/ |
Daftar Isi:
- Penelitian yang berjudul Peranan Guru Matematika dalam Mengantisipasi Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Sungai Kanan. Adapun permasalahan dalam peneltian ini adalah kesuliatan yang dialami siswa dan peranan guru dalam mengantisipasi kesulitan belajar matematika siswa. Sehingga dapat dirumuskan masalah yang terjadi yaitu kesulitan belajar yang bagaimana yang dihadapi siswa pada saat pembelajaran di kelas SMP Negeri 2 Sungai Kanan?, faktor – faktor apa saja yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Sungai Kanan?, bagaimana peranan guru matematika dalam mengantisipasi kesulitan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Sungai Kanan? dan upaya apa saja yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika siswa SMP Negeri 2 Sungai Kanan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesulitan belajar matematika siswa dalam proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Sungai Kanan, untuk mengetahui faktor – faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Sungai Kanan dan untuk mengetahui bagaimana peranan guru matematika dalam mengantisipasi kesulitan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Sungai Kanan, serta untuk mengetahui upaya apa saja yang ditempuh guru untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa di SMP Negeri 2 Sungai Kanan. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif. Metode kualitatif deskriptif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data deskripsi yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak tertulis dengan orang- orang atau pelaku yang diteliti. Yang menjadi informan utama dalam penelitian ini adalah guru matematika yang mengajar di kelas VIII SMP Negeri 2 Sungai Kanan. Dan yang menjadi informan pendukungnya adalah siswa, kepala sekolah dan orangtua siswa yang bersekolah di SMP Negeri 2 Sungai Kanan. Analisis data digunakan dengan analisis deskripsi. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanankan riset lapangan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yang terdiri dari wawancara dan observasi. Hasil penelitian ini adalah bahwa peranan guru matematika dalam mengantisipasi kesulitan belajar dialami siswa di SMP Negeri 2 Sungai Kanan sangat penting dan untuk mengantisipasi kesulitan belajar matematika siswa adalah dengan menggunakan metode pembelajaran open ended, sehingga pembelajaran itu tidak hanya berpusat pada guru saja tetapi siswa juga ikut aktif dalam pembelajaran. Sehingga guru dan siswa saling membelajarkan.