Pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas belajar matematika materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsisimpuan

Main Author: Harahap, Nirma Ansor
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5114/1/09%20330%200019.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5114/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih adanya siswa di SMP Negeri 7 Padangsidimpuan yang memiliki kreativitas yang kurang berkembang dengan baik. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Komputer Terhadap Kreativitas Belajar Matematika Materi Pokok Statistika Kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.” Berdasarkan masalah tersebut maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas belajar matematika materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas materi pokok statistika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran matematika, model pembelajaran berbasis komputer, kreativitas, dan statistika. Metode penelitian ini adalah metode eksperimen dengan menggunakan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas IX yang terdiri dari 5 kelas dan berjumlah 146 siswa. Adapun sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampel di mana kelas IX-2 sebagai kelas eksperimen dan kelas IX-3 sebagai kelas kontrol. Instrumen dalam penelitian ini adalah test kreativitas siswa. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan rumus chi-kuadrat,uji kesamaan dua rata-rata dan uji-t. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh thitung = 7,23 dan ttabel = 1,980. Karena thitung > ttabel (7,23 > 1,980), maka Ha diterima yaitu bahwa rata-rata kreativitas siswa pada materi pokok statistika dengan menggunakan model pembelajaran berbasis komputer lebih baik daripada rata-rata kreativitas siswa tanpa menggunakan model pembelajaran berbasis komputer. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran berbasis komputer terhadap kreativitas siswa pada materi pokok statistika kelas IX SMP Negeri 7 Padangsidimpuan.