Pengaruh kecerdasan emosional dan kecerdasan inteligensi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Main Author: | Purba, Muhammad Idris |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5107/1/08%20330%200065.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5107/ |
Daftar Isi:
- Ada empat permasalahan dalam penelitian ini yaitu apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional siswa kelas XI terhadap prestasi belajar matematika di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh antara kecerdasan inteligensi siswa kelas XI terhadap prestasi belajar matematika di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh antara kecerdasan emosional terhadap kecerdasan inteligensi siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, serta apakah ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan inteligensi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Tujuan pokok penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa di kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan serta, untuk mengetahui kecerdasan inteligensi siswa, untuk mengetahui prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan inteligensi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dilaksanakan riset lapangan dengan jumlah populasi 96 orang dan jumlah sampel 66 orang. Instrumen pengumpulan data melalui angket, tes dan nilai rapor. Pengolahan data dilaksanakan secara kuantitatif. Selanjutnya untuk mencari korelasi antara variabel yang diteliti digunakan analisis statistik dengan menggunakan rumus korelasi Product Moment, kemudian dilanjutkan dengan rumus korelasi ganda. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah kecerdasan emosional dan kecerdasan inteligensi siswa berada pada kategori sangat baik/ kuat begitu juga dengan prestasi belajar matematika di kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Setelah dilakukan pengujian hipotesis diketahui bahwa ada pengaruh yang signifikan antara kecerdasan emosional dan kecerdasan inteligensi terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas XI SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, yaitu diperoleh angka korelasi sebesar 0,407 dengan kategori “kuat”, dalam analisis ini taraf kesalahan ditetapkan 5 % dan N = 66, kemudian melalui uji signifikasi dengan rumus uji F diperoleh bahwa F