Hubungan intensitas perhatian belajar di rumah dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Angkola Barat

Main Author: Pane, Parida Irwani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5106/1/09%20330%200021.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5106/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar bidang studi matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan kondisi kelas mempunyai siswa yang banyak, maka guru tidak dapat memberikan perhatian secara individu. Untuk mengatasi rendahnya hasil belajar siswa salah satunya cara yang dipakai dengan menggunakan intensitas perhatian belajar di rumah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan intensitas perhatian belajar di rumah dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Angkola Barat. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan, dilakukan dengan menggunakan instrumen pengumpulan data yaitu angket dan tes, dengan jumlah sampel 32 siswa yang diambil dari populasi 188 siswa. Adapun sampel pada penelitian diambil dengan menggunakan teknik cluster sampel dengan menggunakan jenis random sampling. Selanjutnya untuk mengetahui hubungan antar kedua variabel digunakan rumus product moment dan untuk melihat kesignifikanannya dilihat dengan menggunakan uji t dan F. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa intensitas perhatian belajar di rumah mempuyai hubungan dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Angkola Barat, yaitu dari perhitungan angka korelasi (rxy) sebesar 0,631 dimana nilai tersebut lebih besar dari rtabel = 0,349 dengan hubungan antara kedua variabel “kuat”. Hubungan tersebut signifikan, ini dibuktikan berdasarkan perhitungan yang diperoleh dari nilai thitung = 4,454 dimana nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel = 1,6956 untuk interval kepercayaan 5% (0,05) dengan dk = n – 2 = 30. Berdasarkan hasil tersebut, hipotesis yang berbunyi bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara intensitas perhatian belajar di rumah dengan hasil belajar bidang studi matematika siswa kelas VIII SMP N 1 Angkola barat dapat dibuktikan.