Peningkatan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan dengan alat peraga kertas lipat kelas III SD Negeri 112138 Rantauprapat

Main Author: HAsibuan, Nur ainun
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5102/1/07%20330%200108.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5102/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan alat peraga kertas lipat dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 112138 Rantauprapat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui alat peraga kertas lipat pada pokok bahasan pecahan di kelas III SD Negeri 112138 Rantauprapat. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, yaitu dengan menggunakan tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Dengan menggunakan beberapa siklus, sehingga pada setiap tahap dapat dilihat letak peningkatan hasi belajar siswa. Dari hasil penelitian diketahui bahwa Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan Dengan Alat Peraga Kertas Lipat Kelas III SD Negeri 112138 Rantauprapat meningkat. Hal ini dapat dilihat adanya peningkatan dari setiap siklus. Pada siklus 1 pertemuan 1 nilai rata-rata 47,05 dengan persentase 5,88%, pada pertemuan ke-2 rata-rata 57,06 dengan persentase35,29% . Pada siklus 2 pertemuan 1 nilai rata-rata65,29 dengan persentase 64,70% dan pertemuan 2 rata-rata kelas 75,88 dengan persentase85,29% Sehingga dapat dilihat bahwa hasil belajar siswa meningkat pada materi materi pecahan. Jadi dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa meningkat dengan alat peraga kertas lipat pada materi pecahan kelas III SD Negeri 112138 Rantauprapat.