Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD (student team adchievement divisions) terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Levyanni
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5100/1/07%20330%200100.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5100/
Daftar Isi:
  • Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan teknik sampel Cluster Random Sampling. Populasi penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan tahun ajaran 2011-2012 yang terdiri dari 9 kelas sebanyak 297 siswa, sedangkan sampelnya sebagian dari populasi itu yaitu 62 siswa terdiri dari 31 siswa kelas eksperimen dan 31 siswa dari kelas kontrol. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus chi-kuadrat, uji kesamaan varians dan uji-t. Pengujian uji-t diperoleh  7,10  1,671 hitung tabel t t . melihat kondisi ini maka, hipotesis yang diterima adalah H0 yaitu adanya pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan sistem persamaan linier di kelas VIII SMP Negeri 2 Padangsidimpuan.