Pengaruh model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan

Main Author: Damayanti, Eti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5089/1/07%20330%200093.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5089/
Daftar Isi:
  • Masalah penelitian ini adalah guru yang kurang tepat memilih strategi atau metode mengajar yang berkaitan dengan pemahaman siswa terhadap materi ajar peluang khususnya di MAN 1 Padangsidimpuan. Sehingga siswa kurang memahami dan tidak dapat menghubungkan antara apa yang dipelajari dan untuk apa pengetahuan tersebut digunakan atau dimanfaatkan. Tujuan penelitian ini adalah : Untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran Contekstual Teaching And Learning (CTL) dengan hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan desain pretest-postest control group. Yang menjadi populasi dalam penelitian adalah keseluruhan siswa-siswi kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan tahun ajaran 2011/2012 yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 212 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan cluster random sampling atau sampel acak berkelompok. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah siswa dari dua kelas yaitu kelas XI 2 dengan jumlah siswa 36 orang (kelas eksperimen) dan kelas XI 3 dengan jumlah siswa 36 orang (kelas kontrol). Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung 3,421 ttabel 2,00 Dari perhitungan di atas jelas terlihat penolakan HO dan penerimaan Ha. Dengan demikian H0 : 1 2 diterima, artinya terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran contekstual teaching and learning (CTL) terhadap hasil belajar siswa dalam materi ajar peluang pada kelas XI MAN 1 Padangsidimpuan.