Penerapan strategi pembelajarankooperatif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi al-qur’an hadis di MTSS Basilam Baru
Main Author: | Tambunan, Raja |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5078/1/083100053.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5078/ |
Daftar Isi:
- Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an Hadis di MTsS Baslam Baru. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an hadits di MTsS Basilam Baru. Adapun jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas, sehingga penelitian ini memiliki beberapa tahapan penelitian berupa siklus. Tahapan-tahapan penelitian tindakan kelas untuk setiap siklusnya meliputi permasalahan, pemecahan masalah, tahap perencanaan tindakan, tahap pengamatan (observasi), dan refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil observasi pada siklus I diproleh siswa keaktifan dan penguasaan cukup baik (CB), sedangkan pemahaman siswa sudah baik (B), sedangkan pada siklus II siswa dalam tingkat keaktifan, pemahaman dan penguasaan sudah baik (B). Hasil nilai rata-rata tes tulis hasil belajar siswa pada bidang studi al-Qur’an Hadis meningkat. Hal ini dilihat dari tes tulis hasil belajar siswa sebelum melakukan tindakan yang memperoleh ketuntasan 3 orang (15%), sedangkan yang tidak tuntas terdapat 17 orang (85%) dengan rata kelas 59.5. Setelah tindakan dilakukan yaitu menerapkan strategi pembelajaran kooperatif, maka dilakukan tes tulis hasil belajar siswa pada siklus I yang memperoleh nilai ketuntasan 14 orang (70%), sedangkan yang tidak tuntas terdapat 6 orang (30%), dengan nilai rata-rata kelas 66,25, sedangkan peningkatan hasil belajar antara tes awal dan tes siklus I diperoleh 11,34 dan pada siklus II seluruh siswa sudah tuntas yang berjumlah 20 orang (100%), dengan rata-rata kelas 75,75, sementara peningkatan hasil belajar siswa antara siklus I dan siklus II diperoleh 27,31. Dari hasil penelitian yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa pengajaran melalui strategi pembelajaran kooperatif dapat meningkatkan hasil belajar al-Qur’an Hadis siswa kelas VII MTsS Basilam Baru.