Hubungan penggunaan garis bilangan dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas V SD Negeri 1 No. 100030 Sitinjak

Main Author: Hasibuan, Mardiana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5068/1/07%20330%200056.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5068/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini yaitu bahwa masih ada siswa/i yang tidak mampu dalam menggunakan garis bilangan dalam menyelesaikan soal-soal khususnya pada pokok bahasan bilangan bulat. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh penggunaan garis bilangan terhadap hasil belajar matamatika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas V SD N 1 No.100030 Sitinjak. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat pengaruh diantara kedua variabel tersebut di atas dengan menentukan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Penjaringan data yang dilakukan dengan tes dan tes tersebut guna mendapatkan data mengenai garis bilangan dengan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas V SD N 1 No 100030 Sitinjak. Perhitungan terhadap kedua variabel diperoleh nilai rata-rata variabel X (garis bilangan) yaitu 0,4683. Sedangkan variabel Y (hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan bilangan bulat) yaitu 9,47. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r hitung sebesar 0,680 kemudian thitung sebesar 5,935 dan ttabel sebesar 2,0189 ternyata thitung ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan garis bilangan terhadap hasil belajar matematika pada pokok bahasan bilangan bulat di kelas V SD N 1 No.100030 Sitinjak.