Pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan kelas VII MTs.S NU Sihepeng

Main Author: Hajarina, Hajarina
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5067/1/07%20330%200053.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5067/
Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah “PENGARUH PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE THINK PAIR SHARE TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA POKOK BAHASAN HIMPUNAN KELAS VII MTs.S NU SIHEPENG”. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu bahwa masih ada siswa/i yang tidak mampu menyelesaikan materi yang berhubungan dengan himpunan, siswa tidak tertarik untuk belajar, motivasi belajar siswa semakin rendah karena merasa bosan, pembelajaran hanya berpusat pada guru saja tanpa melibatkan siswa dan guru kurang mampu memilih metode yang sesuai dengan materi yang diajarkan. Permasalahan utama yang dibahas di dalam skripsi ini adalah adakah pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan kelas VII MTs.S Sihepeng. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan sejauh mana pengaruh pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matamatika pokok bahasan himpunan kelas VII MTs.S NU Sihepeng. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan korelasi dengan jenis kuantitatif, yakni untuk memberikan gambaran dan sekaligus melihat pengaruh diantara kedua variabel tersebut di atas dengan menentukan mean dan standar deviasi untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII MTs.S NU Sihepen tahun 2011/2012 yang berjumlah 66 orang, karena populasinya hanya berjumlah 66 orang, maka peneliti mengambil semua siswa sebagai sampel. Teknik pengumpulan data dari lapangan menggunakan angket terhadap pembelajaran kooperatif tipe think pair share dan tes terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan himpunan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode deskriptif kemudian di analisa dengan menggunakan rumus korelasi product momen, dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana pengaruh kedua variabel tersebut. Penjaringan data yang dilakukan dengan angket dan tes tersebut guna mendapatkan data mengenai pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan kelas VII MTs.S NU Sihepeng. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa r hitung sebesar 0,766 kemudian thitung sebesar 9,545 dan ttabel sebesar 1,9986 ternyata thitung ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pembelajaran kooperatif tipe think pair share terhadap hasil belajar matematika pokok bahasan himpunan kelas VII MTs.S NU Sihepeng dengan kategori “kuat”.