Penerapan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk meminimalkan phobia siswa dalam belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Barat

Main Author: Tanjung, Rosib Jaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5066/1/07%20330%200028.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat phobia siswa dalam belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Barat, untuk mengungkapkan penyebab timbulnya phobia siswa belajar matematika pada siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Panyabungan Barat dan untuk mengetahui apakah dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat mengurangi phobia siswa dalam belajar matematika. Sebagai subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Barat yang berjumlah 25 orang. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Data dalam penelitian ini diperoleh dengan menggunakan alat pengumpul data berupa angket, lembaran observasi dan wawancara. Angket phobia tersebut terlebih dahulu di validasi oleh validator. Observasi dilakukan oleh peneliti dibantu oleh guru matematika SMP Negeri 1 Panyabungan Barat, sedangkan wawancara dilakukan pada empat orang siswa yang mengalami phobia dengan kategori tinggi. Analisis data dilakukan dengan mereduksi data, setelah direduksi selanjtnya data dipaparkan dalam bentuk paparan naratif, kemudian dilakukan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data dan pemaparan data yang diperoleh menunujukkan bahwa phobia dalam belajar matematika pada siswa kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Panyabungan Barat berkurang dengan adanya penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Melihat hasil penelitian ini maka hendaknya guru-guru khususnya matematika perlu menerapkan pembelajaran kooperatif tipe stad untuk mengurangi phobia siswa dalam belajar matematika.