Pengaruh penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi pendidikan agama islam (PAI) Kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsidimpuan
Main Author: | Nasution, Khalilah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2012
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5062/1/083100047.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5062/ |
Daftar Isi:
- Penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) pada hakekatnya merupakan perencanaan jangka pendek yang akan dilakukan oleh guru untuk memperkirakan yang akan dilakukan dalam pembelajaran. Rumusan masalah penelitian ini adalah Bagaimana penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di MTs YPKS Sadabuan Padangsidimpuan. Bagaimana Efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsidimpuan. Apakah terdapat pengaruh penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam (PAI) di MTs YPKS Sadabuan padangsidimpuan. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) di MTs YPKS Sadabuan Padangsidimpuan, untuk mengetahui efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsimpuan dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsimpuan. Setelah data terkumpul maka dilaksanaan pengolahan dan analisis data untuk menguji hipotesis. Adapun analisis data yang digunakan adalah rumus kolerasi product moment dan regresi linier. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsimpuan. Instrument penelitian yang digunakan adalah angket dan obsevasi. Sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana dengan rumus: Y = a + bX Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa penggunnaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berada pada kategori baik yakni dengan persentase 95,3%, yang berada pada interval 76% - 100%. Efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII berada pada kategori baik dengan persentase 91,49%, yang berada pada interval 76% - 100%. Adapun pengaruh penggunaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) terhadap efektivitas pembelajaran bidang studi Pendidikan Agama Islam kelas VIII di MTs YPKS Sadabuan Padangsimpuan yaitu ditemukan angka kolerasi (rxy) sebesar 0,84 dan penghitungan regresi linier sederhana ditemukan nilai sebesar Y = 12,56. Pengaruh yang ditemukan adalah sebesar 70,56%, sedangkan sisanya adalah 29,44% ditentukan oleh variabel lain