Pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana Pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Harahap, Delima |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/506/1/14%20401%2000040.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/506/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang masalah dari penelitian ini adalah Berdasarkan data nasabah penghimpunan dana PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan dari tahun ke tahun mengalami peningkatan, yang menyatakan bahwa dalam pelayanan yang dilakukan pihak PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan sudah bagus. Namun semakin tahun kenaikan jumlah nasabah semakin kecil dibandingkan jumlah nasabah tahun sebelumnya pada PT. Bank Muamalat Indonesia Tbk, Cabang Padangsidimpuan. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah “Apakah terdapat pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan. Pembahasan dalam penelitian ini berkaitan dengan manajemen pemasaran dan ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu, pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan pelayanan dan loyalitas nasabah Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, sumber data adalah data primer. Tehnik pengumpulan data adalah menggunakan kuesioner, interview dan dokumentasi. Metodologi penelitian ini adalah uji validitas, uji reliabilitas dan tehnik analisa data meliputi analisis statistik deskriptif, uji normalitas, uji koefisien determinan (R2), analisis regresi linier sederhana, uji hipotesis yang meliputi uji signifikan parsial (uji t). Proses pengolahan data menggunakan program komputer SPSSversi 22. Hasil dari penelitian ini diperoleh dari uji koefisien determinasi (R2) dengan nilai R square sebesar 0,489 .artinya 48,9% pengaruh yang signifikan variabel terikat dipengaruhi oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 51,1% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini. Hasil penelitian secara parsial (uji-t) menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dan signifikan pelayanan terhadap loyalitas nasabah, yang dibuktikan dengan nilai taraf signifikan > 0,05 yaitu 0,003 > 0,05 dan untuk thitung > ttabel (9,683 > 1,66055) atau Ha diterima. Artinya terdapat pengaruh dan signifikan pelayanan terhadap loyalitas nasabah penghimpunan dana pada PT. Bank Muamalat Indonesia, Tbk Cabang Padangsidimpuan