Pengaruh penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi pendidikan agama islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Telaumbanua, Nisradiyanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5041/1/10%20310%200025.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5041/
Daftar Isi:
  • Adapun masalah dalam skripsi ini adalah apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, dan apakah ada pengaruh yang signifikan penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dan untuk mengetahui adanya pengaruh yang signifikan antara penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Negeri 5 Padangsidimpuan yang beragama Islam Tahun pelajaran 2013-2014 yang berjumlah 458 orang. Siswa kelas XII tidak dijadikan sampel, karena akan mengikuti ujian akhir sekolah. Oleh sebab itu yang dijadikan populasi hanya kelas X dan XI saja, yang berjumlah 312 orang, sedangkan untuk sampel adalah kelas X dan XI berjumlah 48 orang diambil dari 15%. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpulan data adalah angket. Dari analisis penggaruh penggunaan strategi mastery learning terhadap motivasi berprestasi adalah positif dan cukup tinggi. Hal ini sesuai dengan analisis data yang dilakukan, dengan skor 0,463. Penggaruh penggunaan sumber belajar terhadap motivasi berprestasi sebesar 0,274, adalah positif dan tergolong rendah. Dan dari hasil analisis dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan, maka diperoleh hasil 0,560 tergolong cukup tinggi, artinya pengaruh penggunaan strategi mastery learning dan sumber belajar secara simultan terhadap motivasi berprestasi siswa bidang studi Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.