Penerapan model pembelajaran berbasis masalah dalam upaya meningkatkan penalaran matematis siswa pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidmpuan

Main Author: Lubis, Harun Ashari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5031/1/10%20330%200093.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5031/
Daftar Isi:
  • Siswa- siswa merasa kesulitan menyelesaikan soal- soal SPLDV dalam bentuk masalah kontekstual yang memuat poin- poin penalaran matematis. Penalaran matematis sangat perlu untuk dikembangkan karena membantu membentuk pola pikir siswa dalam menetukan atau pun mengambil keputusan untuk bertindak dalam suatu masalah, karena hakekat dari proses pembelajaran di sekolah adalah pengaplikasiannya dalam kehidupan sehari- hari. Dalam mengatasi permasalahan tersebut maka yang menjadi rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah dengan penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penalaran matematis pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana penerapan model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan penalaran matematis pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel (SPLDV) siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan. SMP Negeri 8 Padangsidimpuan ini beralamatkan di Pijorkoling, kecamatan Padangsidimpuan Tenggara, kota Padangsidimpaun. Sedangkan waktu penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil tahun akademik 2014- 2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Sebagai subjek penelitian adalah siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan yang berjumlah 28 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan observasi. Pada siklus I terdapat peningkatan nilai rata- rata kelas sebelum tindakan sebasar 63,03 menjadi 72,14. Pada siklus II terjadi peningkatan juga dari siklus I sebesar 72,14 menjadi 78,93 atau dengan kata lain persentase ketuntasan kelas sebesar 67,86%. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan penalaran matematis pokok bahasan Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) siswa kelas VIII4 SMP Negeri 8 Padangsidimpuan.