Perbandingan penerapan metode diskusi dengan penerapan metode drill terhadap hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan peluang di kelas xi SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan

Main Author: Saputra, Ucok
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2013
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5011/1/07%20330%200122.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/5011/
Daftar Isi:
  • Pada penelitian ini, masalah yang dikemukakan adalah rendahnya hasil belajarmatematika siswa kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Siswa kesulitan menyelesaikan soal-soal matematika khususnya pada pokok bahasan peluang. Ini disebabkan karena kurang sesuainya model pembelajaran yang dipilih dengan materi yang disampaikan. Mengingat pentingnya kualitas pendidikan dan menghadapi masalah yang dihadapi siswa, maka sebagai upaya peningkatan hasil belajar siswa, peneliti menggunakan motode diskusi dan metode drill. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar matematika siswa pada pokok bahasan peluang yang diajar melalui metode diskusi dengan metode drill di kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas XI SMK S Panca Dharma Padangsidimpuan yang berjumlah 333 orang. Sampel diambil dari populasi dengan teknik cluster random sampling. Jadi, sampel yang diambil sebanyak dua kelas, yaitu kelas XI-B sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-D sebagai kelas kontrol yang masing-masing kelas berjumlah 42 orang. Dengan desain randomized control-group pretest-posttes design. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah tes yaitu pre-tes (sebelum diberi perlakuan) dan post-tes (setelah diberi perlakuan) yang berbentuk pilihan ganda sebanyak 20 soal setelah dilakukan validitas dan reliabilitas. Sebelum pengujian hipotesis, terlebih dahulu data diuji normalitas dan homogenitas untuk mengetahui bahwa sampel berasal dari populasi yang memiliki varians yang homogen dan berdistribusi normal. Dari analisis data kelas eksperimen XI-B untuk data pre-tes diperoleh rata-rata 55,23 dengan simpangan baku 10. Sedangkan untuk data post-tes diperoleh rata-rata 84,76 dengan simpangan baku 7,80. Dari analisis data kelas kontrol XI-D untuk data pre-tes diperoleh rata-rata 53,69 dengan simpangan baku 13,25 sedangkan untuk data post-tes rata-rata 77,74 dengan simpanan baku11,22. Dari analisis data dengan menggunakan uji t diperoleh thitung 3,29 sedangkan ttabel 1,99 dengan taraf 0,05. Ternyata thitung>ttabel, maka Ho ditolak Dan Ha diterima. Dengan demikian diperoleh kesimpulan bahwa adanya perbedaan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa. Dimana hasil belajar siswa yang diajar melalui metode diskusi lebih tinggi dari pada yang diajar melalui metode drill di kelas XI SMK S Panca Dharma.