Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah dalam menggunakan internet banking pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Liza Faujia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2016
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/50/1/12%20220%200068.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/50/ |
Daftar Isi:
- Jumlah nasabah pengguna internet banking pada Bank Muamalat Indonesia Cabang Padangsidimpuan mengalami peningkatan dan penurunan. Pada tahun 2012 nasabah pengguna internet banking berjumlah 62 nasabah, pada tahun 2013 turun menjadi 50 nasabah, pada tahun 2014 naik menjadi 60 nasabah dan pada tahun 2015 kembali menurun menjadi 56 nasabah. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah kemudahan dan risiko berpengaruh terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking, yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh kemudahan dan risiko terhadap minat nasabah dalam menggunakan internet banking tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori minat, kemudahan, risiko, dan internet banking. Penelitian ini merupakan penelitian survey dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda, dan instrumen pengumpulan data menggunakan angket. Adapun sampel yang digunakan adalah 34 nasabah. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan SPSS versi 21. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial kemudahan berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung > ttabel (4,797 > 2,032), sedangkan risiko tidak berpengaruh terhadap minat nasabah dengan nilai thitung < ttabel (-1,329 < 2,032). Secara simultan kemudahan dan risiko berpengaruh dengan nilai Fhitung > Ftabel (22,371 > 3,30). Dari uji koefisien determinasi diketahui bahwa variasi faktor kemudahan dan risiko mampu menjelaskan variasi minat nasabah sebesar 59,1% sedangkan sisanya 40,9% dipengaruhi faktor lain.