Pengembangan lintasan belajar pada pokok bahasan teorema Pythagoras dengan Menggunakan pendekatan realistik di SMP Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara

Main Author: Siregar, Anwar Ibrahim
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2019
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/498/1/15%20202%2000052.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/498/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kekurang pahaman siswa terhadap konsep-konsep teorema Pythagoras. Selain itu, guru belum memberikan aktivitas yang dapat mendukung siswa dalam memahami konsep teorema Pythagoras. Sehingga perlu dilakukan perubahan dalam pelaksanaan pembelajaran di kelas dengan memanfaatkan aktivitas pembelajaran yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari siswa. Dengan adanya pengalaman nyata yang dilakukan oleh siswa dalam proses pembelajaran, maka diharapkan siswa mudah mengingat dan memahami materi teorema Pythagoras sehingga memperoleh hasil belajar yang baik. Rumusan masalah penelitian ini yaitu bagaimana validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan matematika realistik di SMP Negeri 1 Hulu Sihapas Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui validitas dan praktikalitas lintasan belajar melalui pendekatan realistik pokok bahasana teorema Pythagoras di SMP Negeri 1 Hulu Sihapas. Penelitian ini merupakan penelitian design research tipe validation study yang bertujuan mengembangkan hypothetical Learning Trajectory (HLT), dengan kerja sama antara peneliti dengan tenaga pendidik untuk meningkatkan kualitas pembelajaran dengan menggunakan model Gravemeijer & Cobb design research terdiri dari tiga fase, yakni: preliminary design, experiment, dan retrospective analysis. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Hulu Sihapas dengan subjek ujicoba produk di kelas VIII-A, berjumlah 26 siswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah lembar validasi, angket serta menggunakan teknik analisis validitas dan praktikalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa lintasan belajar melalui pendekatan realistik dikatakan valid dengan kevalidan 85 dari analisis 3 validator, dan kapraktisan lintasan belajar ditunjukkan dengan nilai 85,44 dari angket respon siswa, terlaksananya seluru komponen. Pendekatan realistik pada proses pembelajaran dan tertariknya siswa dalam mempelajari materi teorema pyhtagoras melalui media potongan kardus dan kertas manila. Lintasan belajar yang dihasilkan pada penelitian ini berupa aktivitas-aktivitas yang dilakukan siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran, yaitu untuk memahami konsep teorema Pythagoras melalui pembuktian dalil teorema tersebut, siswa dapat mencari panjang sisi salah satu sisi segitiga siku-siku, dapat menentukan jenis-jenis segitiga berdasarkan panjang sisinya, dapat memahami triple Pythagoras dan dapat mengaplikasikan teorema Pythagoras kedalam permasalahan/soal.