Analisis kesulitan belajar matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi siswa kelas VIII-2 SMP Negeri 5 Panyabungan

Main Author: Intan, Nur
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4960/1/09%20330%200055.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4960/
Daftar Isi:
  • Latar belakang masalah penelitian ini adalah kesulitan siswa belajar matematika pada pokok bahasan relasi dan fungsi kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan. Permasalahan yang muncul adalah apa saja kesulitan yang dialami siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan dan apa saja faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan siswa belajar matematika pokok bahasan relasi dan fungsi di SMP Negeri 5 Panyabungan. Berdasarkan latar belakang di atas, maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam belajar matematika pokok bahasan relasi dan fungsi, untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Panyabungan yang berjumlah 32 orang di mana dalam penentuan sampelnya dilakukan secara purposive sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari tes, wawancara, dan dokumentasi. Maka adapun hasil penelitian ini mengarah pada kesulitan yang dihadapi siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi adalah tidak memahami langkah-langkah penyelesaian, siswa tidak mampu memahami rumus dengan baik, siswa tidak mampu mengerjakan soal yang berbeda dari contoh. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan belajar siswa terdiri dari dua yaitu faktor ekstern dan faktor intern siswa. Dimana faktor ekstern yang di maksud adalah lingkungan keluarga, masyarakat, dan lingkungan sekolah. Sedangkan faktor intern disini kurangnya motivasi belajar dari dalam diri siswa, konsentrasi belajar siswa, dan kurangnya rasa percaya diri dari dalam diri siswa itu sendiri. Upaya yang dilakukan untuk mengatasi kesulitan belajar siswa pada pokok bahasan relasi dan fungsi adalah dengan melakukan perbaikan dengan memberikan tes kemampuan khususnya kepada siswa yang mengalami kesulitan, dan membuat wawancara untuk mengetahui kesulitan belajar yang dialami siswa. Maka persentase kesulitan siswa adalah 18,75% dimana siswa yang lulus dalam mengerjakan soal adalah sebanyak 6 orang.