Pelaksanaan belajar tuntas dalam pembelajaran fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Kasri, Nurasiah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4955/1/10%20310%200071.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4955/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan belajar tuntas dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan, apa kendala yang dihadapi guru, dan apa upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan belajar tuntas dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan, kendala yang dihadapi guru, upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut. Sumber data, guru bidang studi Fiqh Kelas X, Kepala Sekolah serta siswa-siswa Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Menggunakan penggolahan dan analisis data secara kualitatif deskriptif serta menggunakan instrumen penelitian yang terdiri dari wawancara dan observasi. Diperoleh hasil, Pelaksanaan belajar tuntas dalam pembelajaran Fiqh di Madrasah Aliyah Negeri 2 Padangsidimpuan pada kelas X belum terlaksana dengan baik, karena guru fiqh kelas X belum menggunakan metode yang bervariasi dan belum memanfaatkan fasilitas yang ada yang dapat mendukung pembelajaran tuntas tersebut, Kendala yang dihadapi guru masih terbiasa dengan cara-cara lama dalam proses pembelajaran dan siswa juga tidak termotivasi dalam mempelajari Fiqh secara serius, Upaya yang dilakukan guru: Meningkatkan pengawasan kepada semua siswa pada proses pembelajaran, memotivasi siswa yang pasif dan tidak serius dalam proses pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi, menggunakan berbagai pendekatan pembelajaran, media pembelajaran, memperhatikan kesulitan-kesulitan yang dihadapi siswa pada proses pembelajaran serta mengadakan remedial diluar jam belajar.