Pengaruh pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan suku banyak di kelas XI SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan
Main Author: | Rahayu, Juli |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4944/1/09%20330%200014.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4944/ |
Daftar Isi:
- Masalah penelitian ini adalah guru yang kurang tepat memilih pendekatan dalam mengembangkan keaktifan dan kreatifitas untuk dapat mengidentifikasi, mengklasifikasi, menghitung, mengukur, mengamati, mencari hubungan, menafsirkan, menyimpulkan, menerapkan, mengkomunikasikan, dan mengekspresikan diri dalam suatu kegiatan untuk menghasilkan suatu karya dalam proses pembalajaran matematika khususnya pada materi suku banyak di kelas XI SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Sehingga mengakibatkan rendahnya nilai siswa pada materi pelajaran tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan suku banyak di kelas XI SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu pendidikan, sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berhubungan dengan pendekatan keterampilan proses meliputi pengertian, langkah langkah pembelajaran, kelebihan dan kelemahan, hasil belajar siswa, mencakup pengertian, faktor-faktor yang mempengaruhi, dan indikator hasil belajar, kemudian pembahasan tentang suku banyak. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dengan menggunakan model pretest posttest control grup design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas XI SMA Swasta Nurul Ilmi Padangsidimpuan tahun ajaran 2013/2014 yang terdiri dari 9 kelas dan berjumlah 274 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan sampling purposive yang teknik pengambilan sampelnya dengan pertimbangan tertentu. Jadi sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI-pi-3 berjumlah 33 orang sebagai kelas eksperimen dan kelas XI-pi-4 berjumlah 30 orang sebagai kelas kontrol. Berdasarkan uji normalitas dan homogenitas kedua kelas berdistribusi normal dan homogen. Pengujian uji t diperoleh dari hasil uji hipotesis yang menunjukkan thitung = 6,610 > ttabel = 1,980. Dari perhitungan di atas jelas terlihat penolakan Ho dan penerimaan Ha. Dengan demikian Ha:1 2 artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara pendekatan keterampilan proses terhadap hasil belajar siswa pokok bahasan suku banyak di kelas XI SMA Nurul Ilmi Padangsidimpuan.