Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran di SMPN 2 Batang Angkola

Main Author: Siregar, Nikmah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4941/1/07%20330%200062.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4941/
Daftar Isi:
  • Judul skripsi ini adalah “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK LINGKARAN DI SMPN 2 BATANG ANGKOLA”. Latar belakang masalah penelitian ini yaitu siswa kurang mampu menyelesaikan materi yang berhubungan dengan lingkaran. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran di SMPN 2 Batang Angkola. Penelitian ini adalah penelitian eksprimen dengan jenis kuantitatif, yakni untuk melihat hubungan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran, dengan menentukan nilai rata-rata dan simpangan baku untuk memberikan penafsiran terhadap sebaran data yang diperoleh terhadap populasi. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 2 tahun 2011/2012 yang berjumlah 147 orang,, sampel dalam penelitian ini adalah kelas VIIIA dan VIIIC dengan jumlah 70 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan tes . Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode eksprimen kemudian di analisa dengan menentukan nilai ratarata pre-tes dan post-tes, uji normalitas, uji homogenitas, uji perbedaan dua rata-rata dan dilanjutkan dengan uji signifikan dengan menggunakan rumus t untuk melihat sejauh mana hubungan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran di SMPN 2 Batang Angkola. Penjaringan data yang dilakukan dengan tes tersebut guna mendapatkan data mengenai penggunaan model pempelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran di SMPN 2 Batang Angkola. Perhitungan terhadap pre-tes kelas eksprimen dengan nilai rata-rata 62 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 61,2. Penghitungan terhadap post-tes kelas eksprimen dengan nilai rata-rata 82,16 dan kelas kontrol dengan nilai rata-rata 71,786. Berdasarkan perhitungan diketahui bahwa thitung sebesar 4,375 dan ttabel sebesar 1,9975 ternyata thitung ttabel, maka hipotesis diterima/disetujui, jadi dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan hasil belajar matematika pada materi pokok lingkaran.