Implementasi contextual teaching and learning dalam peningkatan hasil belajar pendidikan agama islam pada siswa kelas VIII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan
Main Author: | Ritonga, Dinda Kurnia Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2019
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/494/1/DINDA%20KURNIA.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/494/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi karena pembelajaran Pendidikam Agama Islam di SMP N 5 Padangsidimpuan yang terlalu monoton. Dokumen RPP menunjukkan guru selalu mencantumkan metode ceramah dalam proses pembelajaran. Hal ini menyebabkan siswa menjadi kurang aktif dalam kegiatan pembelajaran, hal ini tentu juga memberi dampak kepada hasil belajar yang diperoleh siswa. Oleh karena itu, perlu diadakan penelitian yang dapa tmeningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam. Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) menjadi model pembelajaran yang peneliti memilih untuk meningkatkan hasil belajar. Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan. Rumusan masalah penelitian ini adalah apakah penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran empiris tentang penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-4 dengan jumlah 24 orang, untuk memperoleh data, penelitian ini menggunakan instrument pengumpulan data tes. Pengolahan dan analisis data dilakukan secara deskriftif kualitatif. Setelah dilakukan penelitian, diperoleh hasil bahwa penerapan model Contextual Teaching and Learning (CTL) dapat meningkatkan hasil belajar. Pendidikan Agama Islam siswa kelas VIII-4 SMP N 5 Padangsidimpuan. Pada aspek hasil belajar mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 20,83%, siklus II 50%, dan siklus III 75%. Dengan demikian, terjadi peningkatan pada aspek hasil belajar siswa pada setiap siklus.