Pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan

Main Author: Daulay, Fitriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4936/1/09%20330%200042.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4936/
Daftar Isi:
  • Latar belakang dalam penelitian ini adalah adanya siswadi SMP Negeri2 Kotanopan yang memiliki kreativitas yang kurang berkembang dengan baik. rumusan masalah adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan belajar dan pembelajaran matematika, metode pembelajaran discovery, kreativitas, dan materi yang diujikan. Untuk mengetahui hasil penelitian ini penulis menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen dengan desain matching pre test dan post test control group design. Selanjutnya lokasi penelitian adalah SMP Negeri 2 Kotanopan. Adapun instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes, sedangkan untuk pengolahan dan analisis data dilakukan dengan menggunakan rumus uji-t. Sampel dalam penelitian ini adalah populasi itu sendiri yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan yang berjumlah 45 siswa yang terdiri dari 23 kelas eksperimen dan 22 kelas kontrol. Hasil penelitian ini adalah berdasarkan perhitungan uji-t diperoleh .Karena thitung > ttabel ( ) maka jelas terlihat penolakan H௧௔o −1 ௕ ௘d௟ ௛௜௧௨௡௚an penerimaan H1 . Dengan demikian H1 : 1 2 diterimaݐ, artiny=a rat-6ra,3ta7 k>reݐativita2s, 0b0elajar matematika siswa −ke1la6s, 3V7I>I S2M,00P Negeri 2 Kotanopan. yang menggunakan metode pembelajaran discovery lebih baik daripada rata-rata kreativitas belajar yang tidak menggunakan metode pembelajaran discovery.Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh yang signifikan antara penerapan metode pembelajaran discovery terhadap kreativitas belajar matematika siswa kelas VII SMP Negeri 2 Kotanopan.