Problematika pembelajaran membaca Al-Qur’an di MTs YPKS Padangsidimpuan
Main Author: | Darwis, Muhammad |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4927/1/09%20310%200059.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4927/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1)Bagaimana pelaksanaan pembelajaran al-Qur’an 2)Bagaimana problematika pembelajaran al-Quran, 3)Bagaimana solusi yang di lakukan oleh MTs YPKS dalam rangka menghadapi problematika pembelajaran al-Qur’an. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan metode pengumpulan data, wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan tehnik analisis kualitatif. Data yang terkumpul kemudian di analisis dengan menggunakan metode deskriptif dan induktif. Metode deskriptif yaitu metode pembahasan yang berusaha mendeskrifsikan suatu gejala, peristiwa dan kejadian yang terjadi pada saat penelitian. Sedangkan metode induktif yaitu suatu pengambilan keputusan dengan menggunakan pola pikir yang terkait dari fakta-fakta yang sifatnya khusus kemudian digeneralisasikan kepada hal-hal yang bersifat umum. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika yang dihadapi meliputi: 1) Problematika yang berhubungan dengan tingkat pengetahuan anak didik; 2) Problematika yang berhubungan dengan penguasaan dan pengembangan materi guru; 3) problematika yang berhubungan dengan pengelolaan kelas dan metode mengajar, 4) Problematika yang berhubungan dengan media dan sumber belajar, 5) problematika yang berhubungan dengan evaluasi. Tindakan dan solusi yang dilakukan untuk mengatasi problematika tersebut adalah meningkatkan belajar siswa dengan belajar berlatih dan membiasakan membaca, meningkatkan profesionalitas guru, melalui pelatihan pembelajaran Al-Qur'an dan memperkaya keilmuannya dengan pengetahuan-pengetahuan lainnya, disamping itu guru lebih aktif mencari buku bandingan sebagai pendukung, penggunaan metode yang mengedepankan peran siswa. mengikut sertakan siswa dalam kegiatan di setiap pembelajaran. Guru menciptakan suasana yang kondusif dan komunikatif, penyediaan media dan sarana belajar untuk menunjang keberhasilan proses belajar mengajar, mengetahui karakteristik dan tingkat pengetahuan siswa, selain itu guru menguasai dalam strategi penilaian dengan tujuan untuk mempermudah untuk mengevaluasi. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberi masukan dan berdampak langsung dalam bentuk perbaikan dan peningkatan profesionalisme guru dalam mengelola kelas. Artinya guru dapat memperoleh teori yang dibangun sendiri bukan diberikan pihak luar. Berdasarkan hasil penelitian ini diharapkan menjadi bahan informasi dan masukan bagi mahasiswa, para tenaga pengajar, para peneliti di Fakultas Tarbiyah IAIN Padangsidimpuan.