Analisis Strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar matematika pada materi lingkaran di kelas VIII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Ibnul Choir |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4903/1/08%20330%200060.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4903/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan yang muncul dari judul di atas adalah kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi lingkaran di kelas VIII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan dan bagaimana strategi guru dalam mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam belajar matematika pada materi lingkaran dan untuk mengetahui strategi guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa pada materi lingkaran kelas VIII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif dan merupakan penelitian lapangan yang dilaksanakan di SMP Negeri 2 Padangsidimpuan sejak September 2013 sampai selesai. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-11, guru dan kepala sekolah. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dokumentasi dan dianalisis secara deskripsi. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya kesulitan siswa dalam mempelajari matematika pada materi lingkaran di kelas VIII-11 SMP Negeri 2 Padangsidimpuan, yaitu kesulitan dalam menggunakan konsep tentang bagian- bagian lingkaran, menghitung keliling dan luas lingkaran, sudut pusat, panjang busur, jari-jari lingkaran dan menyelesaikan soal cerita. Adapun strategi yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan tersebut adalah mempersiapkan bahan materi termasuk buku,mediadan metode,mengulas materi sesuai dengan tujuan pembelajaran, menjelaskan materi dengan menggunakan materi tanya jawab dan menggunakan alat peraga, dan memberikan latihan untuk mengetahui tingkat ketuntasansiswa.