Strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan
Main Author: | Lubis, Suryani Syarif |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4886/1/10%20220%200082.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4886/ |
Daftar Isi:
- Skripsi ini mengkaji tentang Strategi Pemasaran Produk Pembiayaan Mudharabah Pada PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan, dengan permasalahan yang ditemukan bahwa target nasabah pembiayaan mudharabah belum tercapai. Berdasarkan masalah di atas, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengatahui strategi pemasaran produk pembiayaan mudharabah pada Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan. Penelitian yang dilaksanakan adalah dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif yakni menggambarkan dan menginterpretasi objek sesuai dengan apa adanya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika ilmiah Dari penelitian yang dilaksanakan dapat dipahami bahwa bauran pemasaran yang dilakukan PT. Bank Sumut Cabang Syariah, yaitu strategi product, price, place, promotion, process dan physical eviden sangat membantu dalam memasarkan produk pembiayaan mudharabah. Dan strategi utama yang lebih muncul adalah pelayanan yang bagus dan cepat yang dilakukan oleh PT. Bank Sumut Cabang Syariah Padangsidimpuan sehingga terjadi promosi dari mulut ke mulut oleh nasabah. Dengan menceritakan citra bank nasabah lain menjadi tertarik untuk menggunakan produk pembiayaan. Tetapi target nasabah pada pembiayaan mudharabah dari tahun ke tahunnya naik turun. Terkadang dapat mencapai target, terkadang melebihi target, tetapi terkadang juga tidat mencapai target. Hal ini terjadi karena strategi pemasaran yang masih tegabung antara funding dan financing sehingga marketing belum terfokus untuk memasarkan produk tersendiri khususnya pembiayaan mudharabah. Target utama nasabah adalah nasabah tetap pada pembiayaan mudharabah juga mempengaruhi jumlah target tiap tahunnya.