Problematika penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole

Main Author: Rambe, Nur Halimah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2012
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4880/1/083100081.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4880/
Daftar Isi:
  • Masalah dalam skripsi ini adalah bagaimana penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole. Problematika penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole. Bagaimana hasil penggunaan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole, mengetahui problematika penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole, mengetahui hasil penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole. Untuk mengumpulkan data yang dibutuhkan dengan dilaksanakannya metode riset lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan terdiri dari wawancara (interviu) dan observasi. Sumber data dalam penelitian ini diklasifikasikan menjadi dua kelompok diantaranya: pertama,Sumber data primer yang merupakan data pokok yang dibutuhkan dalam penelitian ini adalah guru- guru SMAN 1. Kedua, sumber data sekunder adalah siswi, kepala sekolah dan pegawai administrasi.Analisis data dilaksanakan secara kualitatif deskriftif dengan purposive sampling dilakukan dengan mengambil orang-orang yang terpilih betul oleh peneliti menurut ciri-ciri spesifik atau mengambil perwakilan dari lapisan sampel populasi tersebut. Hasil penelitian diperoleh dari penggunaan media pembelajaran pendidikan Agama Islam SMA N 1 Sipagimbar Kecamatan Saipar Dolok Hole tergolong rendah, problematika dari pihak guru, gagapnya pengetahuan serta keahlian dalam mengklasifikasi media tersebut secara akademik dalam proses pembelajaran. Problematika dari siswa, minat dalam belajar media pembelajaran kurang efektif karna orangtua tidak memberikan pendidikan dalam dalam mengelolah media pembelajaran kepada anak-anaknya tentang pendidikan agama islam, sedang dari pihak sekolah minimnya guru dalam penggunaan media, dan terbatasnya keterampilan dalam penggunaan media yang digunakan oleh guru.