Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan

Main Author: Sir, Rima Amelia Imanda
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4866/1/10%20220%200070.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4866/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini didasarkan dengan melihat perkembangan perekonomian Islam yang kian marak di Tanah Air, hal ini ditandai dengan bertumbuh pesatnya perbankan syariah di Indonesia, khusunya di Padangsidimpuan. Lebih khususnya lagi perkembangan non Muslim yang menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Padahal, jika dikaitkan dengan kata syariah, secara langsung akan dikaitkan masyarakat dengan Islam dan Muslim, namun tidak demikian dengan Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Bank ini merupakan salah satu perbankan yang melayani nasabah non Muslim, tentunya dengan berusaha memberikan fasilitas pelayanan yang memuaskan bagi seluruh nasabahnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah faktor pelayanan dan promosi berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan non Muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu perbankan syariah. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan perbankan dan syariahnya perbankan itu serta akan dibahas juga mengenai beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kalangan non Muslim sehingga menabung di Bank Syariah Mandiri Cabang Padangsidimpuan. Metode penelitian ini adalah kuantitatif, dengan penarikan sampel dilakukan menggunakan non probability sampling, yaitu menggunakan pendapat Slovin, Pengumpulan data yang dilakukan adalah data primer yaitu dengan pembagian kuisioner kepada nasabah non Muslim. Instrument data yang digunakan adalah Skala Likert, teknik pengolahan data adalah SPSS 17. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh F hitung adalah 32,755 sedangkan F tabel untuk n= 50 dan df 2 (n-k-1) = 47 adalah 3,195, maka diperoleh dapat disimpulkan bahwa F hitung > dari F tabel (32,755 > 3,195) sehingga diperoleh kesimpulan bahwa faktor pelayanan, promosi secara bersama-sama berpengaruh terhadap keputusan non Muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri