Pelaksanaan metode iqro’ dalam mempercepat anak membaca al-qur’an di TK Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae
Main Author: | Siregar, Rusdatun Hamidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2014
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4849/1/09%20310%200187.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4849/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan dalam penelitian ini adalah Bagaimana pelaksanaan metode Iqro’ dalam mempercepat anak membaca al-Qur’an, dan apa saja hambatan yang dihadapi anak didik dalam membaca al-Qur’an pada pelaksanaan metode Iqro’ dalam mempercepat anak membaca al-Qur’an di TK Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae. Berdasarkan masalah yang diangkat, maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar kecepatan membaca Al-Qur’an anak-anak dengan adanya pelaksanaan metode Iqro’, dan untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang di hadapi anak didik dalam membaca al-Qur’an di TK Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan dan menginterprestasikan objek sesuai dengan apa adanya. Sumber data dalam penelitian ini adalah para guru TK Al-Qur’an Al- Rizky Pudun Jae dan teknik pengumpulan data yang digunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan metode Iqro’ dalam mempercepat anak membaca al-Qur’an di TK Al-Qur’an Al-Rizky Pudun Jae termasuk dalam kategori baik. Hal ini dapat diketahui dari hasil wawancara mengenai pengalaman guru-guru di TK Al-Qur’an Al-Rizky yang mengajar mengatakan bahwa sebelum ditemukan metode Iqro’ para anak didik dapat membaca al-Qur’an lebih kurang 6 – 1 tahun. Setelah pelaksanaan metode Iqro’ maka para anak didik cukup 4 – 5 bulan sudah dapat membaca al-Qur’an.