Pengaruh pendekatan pendidikan matematika realistik terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pokok bahasan sistem persamaan linear dua variabel di Kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan

Main Author: Siregar, Siti Ramadana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4844/1/10%20330%200034.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4844/
Daftar Isi:
  • Latar belakang pelaksanaan penelitian ini adalah berawal dari wawancara dengan guru matematika MTsN 2 Padangsidimpuan menyatakan bahwa rendahnya nilai siswa dalam bidang studi matematika dan masih banyak siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar matematika, hal ini disebabkan karena guru tidak mengaitkan materi dengan kehidupan sehari-hari siswa atau kehidupan nyata siswa. Salah satu faktor yang mempengaruhinya adalah kurang tepatnya pendekatan pembelajaran yang diterapkan, sehingga kemampuan berpikir kritis siswa tidak berkembang. Untuk itu diperlukan suatu pendekatan yang mengaitkan pembelajaran kekehidupan sehari-hari siswa, dalam hal ini pendekatan yang sesuai adalah pendekatan matematika realistik. Dari latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan antara pendekatan pembelajaran matematika realistik terhadap berpikir kritis siswa materi sistem persamaan linear dua variabel kelas VIII MTsN 2 Padangsidimpuan. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen menggunakan desain Randomized Control Group Pretest and Postest. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VIII dengan jumlah 191 siswa. Sampel diambil dari populasi dengan acuan random sampling atau sampel acak berkelompok yaitu kelas VIII-2 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-3 dengan jumlah 32 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil uji-t yang diperoleh dari hasil uji perbedaan dua rata-rata yang menunjukkan