Problematika kesulitan belajar matematika siswa pada pokok bahasan pecahan di kelas V SD Negeri 083 Pidoli Lombang Kecamatan Panyabungan Kabupaten Mandailing Natal
Main Author: | Nur, Padilah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4843/1/10%20330%200025.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4843/ |
Daftar Isi:
- Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah hasil belajar yang diperoleh berdasarkan hasil ulangan siswa dalam memahami materi pecahan sangat rendah, bentuk kesulitan dan penyebab kesulitan yang dialami siswa dalam memahami pecahan. Berdasarkan latar belakang penelitian di atas maka yang menjadi tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bentuk kesulitan-kesulitan yang dialami siswa dalam memahami materi pecahan dan untuk mengetahui penyebab kesulitan belajar yang dialami melalui persentase siswa yang mengalami kesulitan dalam menentukan dan menghitung operasi hitung pecahan terutama dalam perkalian. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 083 Pidoli Lombang yang berjumlah 32 siswa. Kemudian instrumen yang digunakan sebagai pengumpul data adalah angket, dan wawancara. Bentuk-bentuk kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal-soal menentukan dan menghitung operasi hitung pada pecahan berdasarkan angket karena mudah 13,75 %, sedikit sulit 51,5 %, marasa tes diagnostik tersebut sulit 19,8 % dan sangat sulit sebanyak 15,4 %. Penelitian ini memperoleh hasil bahwa yang menjadi faktor penyebab utama kesulitan belajar siswa adalah faktor internal siswa dan problema utama kesulitan belajar siswa adalah faktor eksternal siswa.