Kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak (studi pada Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran Kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara)

Main Author: Nasution, Hajariah
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4822/1/10%20310%200220.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4822/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini melihat kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak Studi pada Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah kecamatan Halongonan Kabupaten Padang Lawas Utara. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah, bagaimana kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak Taman KanakKanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran, apa saja faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran? Dan tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kreativitas guru dalam meningkatakan daya ingat anak Taman KanakKanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran, mengetahui apa saja faktor yang mempengaruhi kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian kualitatif deskriptif adalah proses penelitian untuk menghasilkan data, deskriptif yaitu penjelasan baik tertulis maupun tidak, yaitu dari orang-orang atau pelaku yang di teliti. Adapun responden penelitian ini berjumlah 4 orang yakni guru di Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran. Setelah penelitian ini dilakukan terlihat bahwa kreativitas guru dalam meningkatkan daya ingat anak Taman Kanak-Kanak/PAUD Nurhadijah Pangirkiran dikategorikan baik dan faktor yang mempengaruhinya yaitu usia, tingkat pendidikan, fasilitas yang cukup, guru kurang percaya diri, guru memiliki rasa takut, guru merasa puas dengan apa yang telah ia sampaikan, guru fokus dengan masalah dan guru memiliki diferensiasi antara bekerja dan bermain.