Pengaruh metode guided note taking terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan

Main Author: Ramadani, Habibah Ani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4811/1/09%20330%200010.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4811/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rasa ingin tahu peneliti mengenai sejauh mana pengaruh metode guided note taking terhadap prestasi belajar matematika siswa. Oleh karena itu peneliti mengadakan penelitian yang berjudul “Pengaruh Metode Guided Note Taking terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.” Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan pengaruh metode guided note taking terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori- teori yang berkaitan dengan metode guided note taking, belajar, hakikat belajar matematika, dan prestasi belajar matematika. Metode penelitian ini adalah metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh kelas X yang terdiri dari 6 kelas dan berjumlah 168 siswa. Adapun sampel pada penelitian ini adalah kelas X-1 yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen dalam penelitian ini adalah angket. Adapun teknik analisis datanya yaitu menggunakan korelasi product moment, uji t, regresi linier, dan uji F. Hasil penelitian menunjukkan koefisien korelasi yang diperoleh 0,607 dengan demikian hubungan antara kedua variabel “kuat”, yang diuji kesignifikanannya dengan menggunakan uji t yang menghasilkan t sebesar 4,183 di mana thitung > ttabel 2 atau 4,183 > 2,021. Nilai r sebesar 0,368, menunjukkan bahwa variabel metode guided note taking mempengaruhi prestasi belajar matematika siswa sebanyak 36,8% dan 63,2% ditentukan oleh faktor-faktor lain. Setiap tingkat penggunaan metode guided note taking (variabel X) mengakibatkan kenaikan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan (variabel Y) sebesar 0,389. Hal ini dapat dilihat dari persamaan regresi . Uji hipotesis menunjukkan bahwa hipotesis alternatif yang menyatakan ada pengaruh di antara keduanya diterima. Hal ini dibuktikan dengan perhitungaܻn෠ =uji4 F9, +de0n,3ga8n9 ܺhasil uji F = 17,497 di mana Fhitung > Ftabel atau 17,497 > 4,17 maka hipotesis diterima. Dengan demikian terdapat pengaruh yang signifikan antara metode guided note taking terhadap prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA Negeri 5 Padangsidimpuan.