Pengaruh model pembelajaran cooperative integrated reading and composition (CIRC) terhadap pemahaman konsep matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan

Main Author: Batubara, Deasy Afriani
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4805/1/10%20330%200007.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4805/
Daftar Isi:
  • Kurangnya pemahaman konsep matematika khususnya materi himpunan mengakibatkan siswa menjadi sulit dalam menyelesaikan soal-soal, siswa kurang aktif, siswa cenderung diam, siswa malu bertanya padahal dirinya tidak paham akan materi yang diajarkan dan kurang terkontrolnya siswa dalam proses pembelajaran karena sering bercanda. Model yang digunakan guru dalam penyampaian materi pembelajaran himpunan di sekolah umumnya masih konvensional sehingga kurang sesuai dengan materi yang disampaikan. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang signifikan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Himpunan Di Kelas VII SMP Negeri 4 Kotanopan. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen jenis desain eksperimen Non Randomized Control Group Pre Test Post Tes Design. Dalam penelitian ini yang menjadi populasi adalah siswa kelas VII dengan jumlah 41 siswa. Sampel diambil di kelas VII1 dengan jumlah 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII2 dengan jumlah 21 siswa sebagai kelas kontrol. Berdasarkan hasil tes antara sebelum dan sesudah adanya model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), diperoleh rata-rata (mean) pretest dan posttest setelah menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC), lebih tinggi. Kemudian, dari hasil perhitungan uji t diperoleh bahwa nilai thitung = 2,141 dan ttabel = 2,021 pada taraf signifikan 5 %. Maka thitung > ttabel.Dari perhitungan di atas jelas terlihat Ho ditolak dan Ha diterima. Artinya Ada pengaruh pemahaman konsep matematika siswa yang menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dengan pemahaman konsep siswa yang diajar melalui pembelajaran biasa di SMP Negeri 4 Kotanopan.