Upaya meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe numbered heads together (NHT) di SMK Pertanian Tondini Nusantara Gunung Tua

Main Author: Tanjung, Diana Ningsi
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2014
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4795/1/08%20330%200053.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4795/
Daftar Isi:
  • Latar belakang penulisan penelitian ini adalah hasil belajar siswa yng rendah dan kerjasama siswa dalam kelompok juga rendah. Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan kerjasama siswa dalam belajar matematika materi sistem persamaan linier dua variabel kelas X SMK Pertanian Tondini Nusantara Gunung Tua. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMK Pertanian Tondini Nusantara Gunung Tua. Subjek yang dikenai tindakan adalah seluruh siswa kelas X sebanyak 25 orang siswa, instrumen pengumpulan data berupa lembar observasi dan catatan lapangan. Lembar observasi berupa aktivitas kerjasama siswa dalam belajar tiap indikator. Analisa data yang digunakan adalah 1) teknik persentase, digunakan mengolah data aktivitas kerjasama siswa dalam belajar berdasarkan indikator yang ada, 2) penarikan kesimpulan dengan membuat kesimpulan berdasarkan deskripsi data. Prosedur penelitian tindakan kelas (PTK) dimulai dari perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Dilaksanakan dalam 2 putaran siklus, setiap siklus diadakan 2 kali pertemuan. Siklus I dan siklus II menggunakan metode Numbered Heads Together (NHT). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hipotesis tindakan diterima yaitu adanya peningkatan aktivitas kerjasama siswa dalam belajar melalui pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) pada materi sistem persamaan linier dua variabel siswa kelas X SMK Pertanian Tondini Nusantara Gunung Tua. Dari hasil penelitian data aktivitas kerjasama siswa dalam belajar pada siklus I masih rendah diperoleh rata-rata 25%. Karena indikator-indikator peningkatan aktivitas kerjasama siswa dalam belajar matematika pada siklus I belum memenuhi pada kriteria yang diamati maka dilakukan siklus ke-II. Pada siklus II data aktivitas belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata mencapai 70% dan telah memenuhi pada kriteria keaktifan yang diamati bahkan sebahagian persentase aktivitas sudah melebihi dari kriteria yang diamati. Maka dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan aktivitas kerjasama siswa dalam belajar matematika materi sistem xii persamaan linier dua variabel siswa kelas X SMK Pertanian Tondini Nusantara Gunung Tua.