Usaha guru pendidikan agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan
Main Author: | Harahap, Muhammad Syahril |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2013
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4781/1/06%20311%20070.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4781/ |
Daftar Isi:
- Yang melatarbelakangi penelitian ini adalah perubahan sikap dan mental siswa dengan usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siwa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keadaan ranah afektif siswa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, untuk mengetahui usaha yang dilakukan guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui kendala yang dihadapi guru Pedidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan. Dilihat dari pendekatan analisa data penelitian ini termasuk kepada penelitian kualitatif yang dilakukan dengan berorientasi pada fenomena-fenomena yang diamati dan diolah dengan menggunakan logika ilmiah. Sedangkan berdasarkan metode pengumpulan data ini adalah penelitian deskriptif metode ini menggambarkan sesuatu yang terjadi di lapangan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan observasi dan wawancara. Setelah semua data terkumpul, dapat disimpulkan bahwa keadaan ranah afektif siswa di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan dilihat dari sopan santun siswa, menurunnya angka ketidak hadiran siswa, menurunnya angka pelanggaran tata tertib sekolah serta pengamalan Pendidikan Agama Islam semakin baik. Dengan demikian ranah afektif siswa yang diharapkan tercapai, walaupun masih ditemukan siswa yang belum menunjukkan perubahan tingkah laku. Dalam usaha meningkatkan ranah afektif siswa, guru Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 5 Padangsidimpuan melakukan berbagai cara dan upaya seperti memberikan contoh (menjadikan diri sebagai teladan bagi siswa/i), menggunakan berbagai metode dalam proses pembelajaran, dan membina kerjasama dengan guru bidang studi lainnya. Berbagai usaha yang dilakukan oleh guru Pendidikan Agama Islam dalam meningkatkan ranah afektif siswa dihadang dengan berbagai kendala yang dapat mempersulit bahkan menghentikan usaha yang dilakukan guru. Kendala yang dimaksud adalah faktor intern siswa itu sendiri, faktor keluarga dan kerjasama yang dibina oleh sekolah dengan orang tua siswa tidak berjalan sebagaimana mestinya