Pengaruh strategi pembelajaran pemecahan masalah terhadap hasil belajar pendidikan agama Islam (studi pada SD IT Bunayya Padangsidimpuan)
Main Author: | Lubis, Asriyatil Baridah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4765/1/10%20310%200005.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4765/ |
Daftar Isi:
- Masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? Bagaimanakah gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD IT Bunayya Padangsidimpuan? Apakah terdapat pengaruh yang signifikan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SD IT Bunayya Padangsidimpuan)? Penelitian ini menggunakan metode ex post facto artinya suatu penelitian yang dilakukan untuk meneliti peristiwa yang telah terjadi. Instrument pengumpulan data dalam penelitian ini di dengan menggunakan angket dan dokumen. Analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis data statistik yaitu ingin mengetahui pengaruh yang signfikan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SD IT Bunayya Padangsidimpuan). Adapaun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah di SD IT Bunayya Padangsidimpuan, untuk mengetahui gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD IT Bunayya Padangsidimpuan, dan untuk mengetahui pengaruh yang signifikan Strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi Pada SD IT Bunayya Padangsidimpuan. Hasil penelitian ini adalah bahwa Strategi pembelajaran pemecahan masalah di SD IT Bunayya Padangsidimpuan adalah pada interval 80 – 85 4 sebanyak 4 orang (11,11 %), pada interval 75-79 sebanyak 9 orang (25 %), pada interval 71 – 72 sebanyak 3 orang (8,3%), pada interval 66 – 70 sebanyak 1 orang (2,8 %), pada interval 61 – 65 sebanyak 8 orang (22,22 %) dan pada interval 56– 60 sebanyak 8 orang ( 22,22 %), dan pada interval 51 – 55 sebanyak 3 orang (8,33% ). Berdasarkan hasil presentasi tersebut maka penerapan strategi pembelajaran pemecahan masalah di SD IT Bunayya dikategorikan baik. Hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD IT Bunayya Padangsidimpuan adalah pada interval 91 – 95 sebanyak 2 orang (5,55 %), pada interval 86 – 90 sebanyak 15 orang (41,67%), pada interval 81 – 85 sebanyak 5 orang (13,89%), pada interval 76 – 80 sebanyak 12 orang (33,34 %), pada interval 71– 75 sebanyak 2 orang (5.55%) . Berdasarkan hasil presentasi tersebut maka gambaran hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SD Bunayya juga dikategorikan baik. Selanjutnya persamaan regresi yaitu dengan rumus Persamaan regresi adalah ŷ = a + bx. Dengan demikian maka pengaruh strategi Pembelajaran Pemecahan Masalah Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (Studi pada SD IT Bunayya Padangsidimpuan benar-benar memiliki pengaruh yang signifikan dikarenakan bahwa F hitung > dari F tabel ( 4,44 > 4,13).