Nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam surat Al-An’am ayat 151-153

Main Author: Tambunan, Nur Cahaya
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4758/1/10%20310%200069.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4758/
Daftar Isi:
  • Skripsi ini merupakan sebuah kajian yang mencermati bagaimana nilainilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153. Sebagai rumusan masalah dalam penelitian ini ialah bagaimana penafsiran Surat al-An’am ayat 151-153, bagaimana konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153 dan bagaimana nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153. Maka tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui penafsiran Surat al-An’am ayat 151-153 dan mengetahui konsep pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153 serta mengetahui nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153. Penelitian ini bersifat Library Research yakni penelaahan terhadap beberapa literatur atau karya-karya ilmiah yang berkaitan dengan masalah yang dibahas. Penelitian ini merupakan penelitian tafsir yaitu suatu contoh ragam acuan atau macam dari penyelidikan secara seksama terhadap penafsiran al-Qur’an yang pernah dilakukan generasi terdahulu untuk diketahui secara pasti tentang berbagai hal yang terkait dengannnya. Dengan demikian metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode ijmali yaitu menjelaskan ayat-ayat al-Qur’an dengan singkat dan global tanpa uraian yang panjang lebar. Dianalisis dengan menggunakan content analysis. Dari pembahasan yang peneliti lakukan dapat disimpulkan bahwa Surat alAn’am ayat 151-153 menjelaskan tentang sepuluh wasiat yang disampaikan Rasulullah SAW kepada kaum musyrikin. Kesepuluh wasiat inilah yang akan menjadi nilai-nilai pendidikan karakter. Namun hanya enam yang akan dibahas peneliti yaitu: 1. Nilai Iman 2. Nilai Bakti Kepada Orang Tua 3. Nilai Tanggung Jawab 4. Nilai Cinta Damai 5. Nilai Adil dan 6. Nilai Takwa. Kemudian konsep pendidikan karakter dalam al-Qur’an adalah dasar pendidikan karakter yang menyinggung bahwa manusia itu memiliki tabi’at, potensi kecenderungan ganda positif dan negatif dalam dirinya, tahap-tahap pendidikan karakter dan masa tepat pembentukan karakter serta subjek dan objek pendidikan karakter. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung dalam Surat al-An’am ayat 151-153 adalah nilai karakter dalam bentuk aqidah, nilai karakter dalam bentuk bakti kepada orang tua, nilai karakter dalam bentuk tanggung jawab, nilai karakter dalam bentuk cinta damai, nilai karakter dalam bentuk adil dan nilai karakter dalam bentuk takwa.