Penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi pendidikan agama islam di Madrasah Aliyah Negeri Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan
Main Author: | Siregar, Andika Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4757/1/113100005.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4757/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya pendidikan yang berbasis karakter dan konten yang dilakukan baik pada anak-anak, remaja, maupun orang dewasa, sehingga peneliti merasa tertarik untuk melaksanakan penelitian dengan judul Penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di MAN Huta Godang Kecamatan sungai kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan, Masalah yang dibahas dalam skripsi ini bagaimana penerapan Kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, apa saja kendala penerapan kurikulum 2013 yang dihadapi Guru dan Murid dalam menerapkan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, dan apa saja upaya yang dilaksanakan dalam menanggulangi kendala penerapan kurikulum 2013 di MAN Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Dan adapaun Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, untuk mengetahui kendala-kendala yang ditemukan dalam penerapan kurikulum 2013, dan untuk mengetahui upaya apa saja yang dilaksanakan dalam menanggulangi kendala penerapan kurikulum 2013 di MAN Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan Kabupaten Labuhan Batu Selatan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan ilmu Pendidikan yang membahas mengenai penerapan Kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam, sehubungan itu pendekatan yang dilakukan adalah teori-teori yang berkaitan dengan Kurikulum 2013 yang meliputi: penerapan Kurikulum 2013, Kurikulum pendidikan Agama Islam 2013 dan lain-lainnya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yaitu penelitian yang dilakukan dengan mengamati fenomena di sekitarnya dan menganalisisnya dengan menggunakan logika deskriptif yaitu dengan menggambarkan data menginterpretasikan objek sesuai dengan apa adanya. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dokumentasi. Kemudian data-data dianalisis dengan mengikuti langkahlangkah editing data, reduksi data, menyusun dalam satuan, menafsirkan data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini adalah bahwa penerapan kurikulum 2013 pada bidang studi Pendidikan Agama Islam di MAN Huta Godang Kecamatan Sungai Kanan dikategorikan rendah. Adapun penerapan kurikulum 2013 hanya pada bidang studi Pendidikan Agama Islam dan Bahasa Arab Sehubungan dengan Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 156928/MPK.A/KR/, tanggal 8 November 2013.