Penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) pokok bahasan iman kepada Allah kelas VII di SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan Sei Kanan

Main Author: Siregar, Jahro
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4755/1/10%20310%200015.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4755/
Daftar Isi:
  • Pembelajaran discovery learning, mulai dari bahan pelajaran di cari dan ditemukan sendiri oleh siswa melalui berbagai aktivitas, sehingga tugas guru lebih banyak sebagai fasilitator dan pembimbing bagi siswanya. Dan siswa sendiri pula yang menyimpulkan materi yang telah diberikan guru. Dengan pembelajaran discovery learning dapat mengembangkan cara belajar siswa aktif dengan menemukan sendiri, menyelidiki sendiri, makahasil yang diperoleh akan setia dan tahan lama dalam ingatan, tidak akan mudah dilupakan siswa. Dengan pembelajaran discovery learning diharapkan siswa mampu lebih aktif dan kreatif dalam pelajaran. Adapun rumusan masalah dari penelitian ini adalah bagaimanakah penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan iman kepada Allah kelas VII SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan SEI Kanan. Apakah kendala yang dihadapi dalam penerapan model pembelajaran discovery learning dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan iman kepada Allah kelas VII SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan SEI Kanan. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui penerapan model pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam pokok bahasan iman kepada Allah kelas VII di SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan SEI Kanan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan SEI Kanan, dengan desain penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dengan bentuk siklus yang didalamnya terdapat empat tahapan utama kegiatan, yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi, dan seterusnya sampai perbaikan atau peningkatan yang diharapkan tercapai. Hasil penelitian yang telah dilakukan adanya peningkatan prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil penilaian selama proses pembelajaran mencakup penilaian aktivitas siswa, nilai tugas dan ulangan. Hasil penelitian yang membuktikan adanya peningkatan prestasi belajar siswa adalah sebagai berikut. Pada siklus I terdapat peningkatan sebesar 5,32% yaitu dari nilai rata-rata sebelum tindakan sebesar 65 menjadi 68,46, dengan jumlah kenaikan siswa yang mencapai nilai KKM sebesar 32,25% menjadi 77,41% siswa pada siklus I. Pada siklus II, peningkatan prestasi belajar ditandai dengan meningkatnya nilai rata-rata siswa dari siklus I sebesar 68,46 menjadi 73,38 atau sekitar 96,77%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran discovery learning dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam kelas VII di SMP Negeri 1 Langga Payung Kecamatan SEI Kanan.