Peranan pengawas sekolah dalam membina guru- guru pendidikan agama islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan

Main Author: Hasibuan, Juliana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2015
Subjects:
Online Access: http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4747/1/103100057.pdf
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4747/
Daftar Isi:
  • Pengawas sekolah harus mampu berperan sebagai supervisor akademik yaitu pengawas sekolah berkewajiban untuk membantu kemampuan profesional guru dalam mengajar. Sebab, guru dituntut agar mampu mengorganisasikan kelas, menggunakan metode belajar yang bervariasi, maupun sikap dan karakteristik guru dalam mengelola proses belajar mengajar. Namun, masih terlihat masalah adanya kinerja guru dalam pelaksanaan pembelajaran. Sehingga yang menjadi rumusan masalah yaitu: 1) Bagaimana peranan pengawas sekolah dalam membina guru-guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan?2) Apa saja kendala-kendala yang ditemui pengawas sekolah dalam membina guru-guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan? dengan tujuan: 1)Untuk mengetahui peranan pengawas sekolah dalam membina guru-guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. 2)Untuk mengetahui kendala-kendala yang ditemui pengawas sekolah dalam membina guru-guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan. Pembahasan penelitian ini berkaitan dengan bidang ilmu supervisi pendidikan. Sehubungan dengan itu pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini adalah teori-teori yang berkaitan dengan pengertian pengawas sekolah, tugas dan fungsi pengawas sekolah, peranan pengawas sekolah, pengertian guru, tugas guru, dan faktor-faktor yang mempengaruhi usaha pengawas sekolah dalam membina guru. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pada pengawas sekolah mengenai peranan pengawas sekolah dalam membina guru pendidikan agama Islam dan kendalakendala yang ditemui pengawas sekolah dalam membina guru pendidikan agama Islam. Teknik pengumpulan datamenggunakan teknik: 1) Observasi, dan 2) Wawancara. Sumber data primer diperoleh dari pengawas sekolah dan guru-guru pendidikan agama Islam dan data skunder diperoleh dari kepala sekolah dengan objek penelitian pada pengawas sekolah dan guru-guru pendidikan agama Islam. Hasil penelitian yang dilakukan di lapangan, bahwaperanan pengawas sekolah dalam membina guru pendidikan agama Islam di Madrasah Tsanawiyah Negeri 2 Padangsidimpuan adalah pembinaan dalam bidang kepemimpinan, pembinaan dalam hubungan kemanusiaan, pembinaan dalam bidang proses kelompok dan pembinaan dalam bidang evaluasi. Adapun kendala-kendalayang ditemui pengawassekolah adalahkurangnya semangat kerja guru, kurangnya kecakapan guru dalam menggunakan metode, banyaknya sekolah binaan, dan kurangnya sarana dan prasarana.