Meningkatkan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran contextual teaching and learning dalam pembelajaran fikih materi pokok jual beli di kelas XI MAS YPKS Padangsidimpuan
Main Author: | Siregar, Nur Aisya |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2015
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4735/1/11%20310%200253.pdf http://etd.iain-padangsidimpuan.ac.id/4735/ |
Daftar Isi:
- Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih di kelas XI MAS YPKS. Model pembelajaran yang digunakan adalah metode konvensional yang menempatkan siswa sebagai objek belajar sudah saatnya diperbaharui. Pembelajaran semacam ini membuaat siswa pasif dan kurang terlibat dalam pembelajaran yang dapat menimbulkan kejenuhan dengan kurangnya pemahaman konsep, sehingga kurang termotivasi. Untuk mengatasi masalah tersebut diperlukan pembaharuan model pembelajaran yaitu dengan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning terutama pada materi pokok Jual Beli untuk meningkatkan hasil belajar para siswa. Tujuan dalam penelitian ini adalah dengan penggunaan model pembelajaran Contextual Teaching and Learningdalam pembelajaran fikih materi pokok jual beli di kelas XI MAS YPKS Padangsidimpuan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.Pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar yang beranggapan bahwa anak akan belajar lebih baik jika lingkungan diciptakan secara alamiah, artinya belajar akan lebih bermakna jika anak bekerja dan mengalami sendiri apa yang dipelajarinya, bukan sekadar mengetahuinya. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas, yang dilakukan dengan 2 (dua) siklus. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 1 MAS YPKS Padangsidimpuan yang berjumlah 22 Siswa. Instrumen yang digunakan dalam mengumpulkan data adalah tes dan lembar observasi. Sedangkan analisis data yang dilakukan adalah analisis deskriptif dan uji signifikansi validitas tes dengan rumus korelasi produck moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada tes awal persentase ketuntusan belajar secara klasikal sebesar 18 % (4 siswa yang tuntas dari 22) dengan nilai rata- rata yang diperoleh yaitu 47,07.Siklus I persentase ketuntasan klasikal65,90%(14siswa yang tuntas dari 22 siswa), dengan nilai rata-rata kelas 57,5 dan pada siklus II persentase ketuntasan klasikal 95 % ( 21 siswa yang tuntas dari 22 siswa ) dengan nilai rata-rata kelas menjadi 78,64. Sehingga dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Contextual Teaching and Learningdapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fikih materi jual beli di kelas XI MAS YPKS Padangsidimpuan.